UNSOED Conferences, International Conference on Language, Linguistics, and Literature (COLALITE) 2020

Font Size: 
PEMBENTUKAN DAN MAKNA IMBUHAN PADA JUKUGO KANJI PROFESI BAHASA JEPANG
Haryono - Haryono

Last modified: 2020-10-19

Abstract


Penelitian ini berkaitan dengan rumpun Ilmu Bahasa khususnya Ilmu Bahasa Asing yaitu model pengembangan pembelajaran kanji berdasarkan Kanji Based Radicals System dan Mnemonics terhadap penguasaan kosakata dan keterampilan membaca bahasa Jepang pada Program Studi Sastra Jepang Unsoed. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam dam menyeluruh tentang beberapa macam strategi pembelajaran kanji yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran kanji pada mata kuliah Hyoki di Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman sedangkan tujuan jangka panjang adalah memberikan pengembangan strategi pembelajaran kanji yang lebih efisien melalui Kanji Based Radical System dan Mnemonic bagi pembelajar yang menggunakan bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini berupa laporan penelitian tentang model pengembangan pembelajaran kanji berdasarkan Kanji Based Radicals System dan Mnemonics serta direncanakan terbit di Jurnal Nasional terakreditasi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka pembahasan mengenai teori belajar kognitif, teori pemrosesan bermakna, teori elaborasi dan teori mnemonic yang berhubungan dengan pembelajaran kanji akan diuraikan secara ringkas dan padat dipadukan dengan metode tindakan kelas dari Grabe and Stoller (2002:191). Sedangkan teknik analisisnya mencakup kuesioner, wawancara dan pengamatan langsung berupa pengumpulan data, interpretasi data, perencanaan baru, tindakan dan pengumpulan data, analisis dan interpretasi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan model pembelajaran Kanji yang efisien dalam meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan membaca bahasa Jepang.


Keywords


Apllied Linguistic